Disabilitas: Definisi dan Hal yang Berhubungan Dengannya

Menurut Wikipedia, disabilitas berarti:

Konsekuensi dari pelemahan secara fisik, mental, kognitif, mental, sensori, emosional, perkembangan, atau kombinasi dari hal-hal tersebut. Disabilitas bisa terjadi sejak lahir, maupun terjadi di tengah perjalanan hidup seseorang

Sementara menurut WHO, disabilitas berarti:

Sebuah definisi yang memayungi pelemahan, keterbatasan aktivitas, dan  halangan dalam berpartisipasi. Pelemahan berarti adanya masalah yang terjadi pada struktur atau fungsi tubuh, keterbatasan aktivitas berarti sebuah kesulitan yang dialami seseorang dalam melakukan tugas atau aksi, sedangkan halangan berpartisipasi berarti sebuah masalah yang dihadapi oleh seseorang dalam menjalani hidupnya.

Disabilitas tidak bisa dianggap sekedar masalah kesehatan. Disabilitas adalah fenomena yang kompleks, yang mencerminkan interaksi dari tubuh seseorang dengan masyarakat tempat ia tinggal.  Mengatasi kesulitan yang dialami orang yang mengalami disabilitas berarti membutuhkan intervensi yang bisa menghilangkan penghalang dengan lingkungan dan kehidupan sosial yang dihadapi.

Orang-orang yang mengalami disabilitas memiliki kebutuhan yang sama atas kesehatan dengan orang yang tidak mengalaminya, – dalam hal imunisasi, skrining kanker, dan lainnya. Mereka juga mungkin saja kesulitan menikmati kesehatan yang layak, bisa karena kemiskinan, ataupun pemisahan sosial, dan juga rentan masalah kesehatan sekunder, misalnya luka akibat anggota tubuh tertekan terlalu lama (dekubitus), atau bisa pula infeksi kandung kemih. Bukti-bukti menunjukkan bahwa orang-orang dengan disabilitas harus menghadapi rintangan dalam mengakses layanan kesehatan dan rehabilitasi yang justru mereka butuhkan.

Apa yang Dibutuhkan oleh Penyandang Disabilitas?

Pada dasarnya, penyandang disabilitas membutuhkan intervensi agar bisa menjalankan hidup yang normal dan layak serta menjalankan fungsinya sebagai anggota masyarakat. Namun di sisi lain mereka juga ingin diperlakukan sebagai individu yang setara dan mandiri, tanpa harus mengundang belas kasihan yang berlebihan.

Bagaimana Sikap Pemerintah Terhadap Penyandang Disabilitas?

Pemerintah sebenarnya sudah sejak lama memiliki pegangan hukum dalam memperhatikan kesejahteraan dan kesetaraan bagi penyandang disabilitas, yaitu Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 1997 Mengenai Penyandang Disabilitas, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2011 mengenai Pengesahan Konvensi Mengenai Hak-Hak Penyandang Disabilitas , sehingga tidak ada lagi alasan untuk menunda

Bagaimanapun, kami memahami bahwa pemenuhan cita-cita mulia tersebut adalah sebuah proses yang membutuhkan waktu dan peran serta masyarakat. Kita semua harus lebih proaktif bertindak dan menyuarakan aspirasi untuk mendukung kehidupan penyandang disabilitas.

Mengapa Rotary Jakarta Batavia Harus Menciptakan Program yang Membantu Pendidikan Penyandang Disabilitas?

Rotary Club Jakarta Batavia percaya bahwa disabilitas adalah penghalang bagi penyandangnya untuk memperjuangkan kesejahteraan, dan bahwa pendidikan adalah kunci untuk mengubah nasib bagi mereka yang kesulitan mengakses kebutuhan hidupnya. Dengan taraf pendidikan lebih baik, seorang penyandang disabilitas memiliki pilihan yang lebih baik dan beragam dalam beraktivitas untuk mencukupi kebutuhan hidup tanpa harus dihalangi oleh keterbatasannya.

Mengapa Rotary Club Jakarta Batavia Memilih SLB 5 Petamburan?

Setiap Rotary Club terpanggil untuk memperbaiki kehidupan komunitas di sekitarnya. Dengan puluhan klub berbeda yang tersebar di District 3410 – Indonesia, hal ini berarti bahwa masalah yang dihadapi setiap wilayah bisa berbeda-beda, dengan solusi yang berbeda pula.

Rotary Club Jakarta Batavia merasa bahwa membantu SLB 5 Petamburan berarti memperbaiki pula kehidupan para penyandang disabilitas, yang akan berpengaruh pula kepada masyarakat di sekitarnya.

 

 

3 thoughts on “Disabilitas: Definisi dan Hal yang Berhubungan Dengannya

  1. Very informative article, i’m regular reader of your site.
    I noticed that your blog is outranked by many other websites in google’s search results.
    You deserve to be in top ten. I know what can help you, search
    in google for:
    Omond’s tips outsource the work

  2. yth
    Bapak/ ibu Pimpinan
    di
    tempat

    Dalam rangka kepedulian kami terhadap maysarakat Indonesa khususnya bagi saudara2 kita penyandang Desabilitas, kami ingin melakukan kegiatan bagaimana pemerintah dapat memberikan pekerjaan bagi para penyandang desabilitas sesuai kemampuan mereka.
    Untuk itu kami ingin dapat bertukar pikiran dalam pelaksanaan kegiatan tersesbut/
    Kmi juga berharap dapat berkonsultasi ke ROTARY terkait pemberian pekerjaan yg sesuai bagi para penyandang Desabilitas. mohon info kami dapat menghubungi di no. berapa

    demikian kami sampaikan, atas kerjasamanya kami ucapkan terimakasih

    ramles
    Kasubbang Evalap I Biro Perencanaan
    0817205148

  3. Lowongan pekerjaan bagi penyandang disabilitas minim sekali. Kesempatan untuk diterima bekerjapun kecil. Padahal sama-sama ingin berkontribusi layaknya orang normal lainnya. Mau membuka usaha, terbatas modal.

Comments are closed.