Anak-Anak SLB Tampil Luar Biasa di Social Media Festival 2013

pantomim

Minggu pagi, 13 Oktober 2013, pukul 09.00, panggung outdoor Social Media Festival di FX Sudirman dimeriahkan oleh penampilan anak-anak berbakat dari SLB Negeri 5 dan SLB Negeri 6 Jakarta serta Kelompok Belajar Anak (KBA) Cawang. Rotarian Rinto dan MC Social Media Festival bersama-sama memandu acara dan mengajak pengunjung FX berinteraksi.

Pertunjukan dimulai dengan tarian asal Betawi, Kang Aji yang ditampilkan KBA Cawang yang terdiri dari 7 anak berusia 9-11 tahun. Kostum mereka yang ceria dan suara musik tradisional Betawi mulai menarik para pengunjung FX Sudirman yang habis berolahraga pagi.

10 anak SLB Negeri 5 kemudian menampilkan 2 pertunjukan rebana. Kelompok rebana ini terdiri dari anak-anak tuna daksa, tuna rungu, tuna netra, dan tuna grahita. Guru pendamping, Ibu Soromendi, bercerita bahwa beliau membutuhkan waktu dan kesabaran bertahun-tahun untuk melatih mereka hingga kompak. Hasilnya mereka menjadi juara pertama lomba yang diadakan sebuah perusahaan swasta.

Pertunjukan pantomim lalu ditampilkan oleh Abril, anak tuna rungu, kelas 5 SD di SLB Negeri 5. Dengan kostum hitam dan lagu Bis Sekolah, Abril memeragakan siswa yang berangkat ke sekolah. Sebuah kisah sederhana yang jadi terlihat menghibur karena diperagakan oleh Abril.

Giliran gadis cantik bernama Mutiara dari SLB Negeri 6, yang menampilkan tarian Lenggang Kipas. Meski tuna rungu, Mutiara yang duduk di kelas 3 SMP mampu menari sesuai irama musik. Wajahnya yang cantik dan kostumnya yang menarik rupanya menarik perhatian pengunjung dan juga sang MC!

Pertunjukan pantomim diperagakan kembali oleh Ahmad dari SLB Negeri 6 dengan diiringi hit Rihanna, Umbrella. Musik yang familiar dan gerakan pantomim yang indah menjadi atraksi menghibur bagi pengunjung FX. Ahmad yang tuna rungu ini baru duduk di kelas 6 SD dan sempat putus sekolah karena tidak ada biaya. Berkat bantuan dana dari Rotary Club of Jakarta Batavia, Ahmad bisa bersekolah lagi dan mempertunjukkan bakat pantomimnya.

Anak-anak KBA Cawang kemudian menutup pertunjukan pagi itu dengan tari tradisional Sirih Kuning. Pada saat perayaan Hari Anak Nasional di Kelurahan Cawang beberapa waktu lalu, mereka berhasil memenangkan juara 3. KBA Cawang ini merupakan dampingan Wahana Visi Indonesia, mitra World Vision.

Terima kasih anak-anak SLBN 5 dan 6 asuhan Rotary Club of Jakarta Batavia serta anak-anak KBA Cawang, untuk penampilan kalian yang luar biasa. Maju terus, anak-anak Indonesia!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>